0



Andrea Hirata Seman Said Harun (lahir di Belitung, 24 Oktober 1967; umur 45 tahun) adalah novelis yang telah merevolusi sastra Indonesia. Ia berasal dari Pulau Belitung, provinsi Bangka Belitung. Novel pertamanya adalah novel Laskar Pelangi, novel sastra yang paling laris di Indonesia dari tahun 2006 sampai sekarang. Laskar Pelangi dijadikan hadiah ulang tahun, bahan pidato pengukuhan seorang guru besar, tesis dan desertasi, mas kawin mendampingi Al-Qur’an-kitab suci umat Islam, dijadikan soal ujian nasional Bahasa Indonesia untuk para pelajar Indonesia, dan didiskusikan di mesjid-mesjid, gereja-gereja, dan oleh berbagai macam agama sebagai rujukan toleransi dan bentuk baru kesepahaman antar agama, suku, dan ras.[rujukan?] Kemampuan novel Laskar Pelangi untuk memukau anak-anak kecil berusia 7 tahun sampai pada professor-professor universitas berusia 70 tahun, dan menggapai seluruh kalangan baik secara sosial ataupun reliji adalah kemampuan misterius yang dimiliki Andrea Hirata.

Novel Laskar Pelangi telah menginspirasi jutaan orang Indonesia dan merupakan novel yang paling banyak pula diadaptasi menjadi berbagai bentuk seni lainnya, seperti film, lagu-lagu, dan drama musikal.

Andrea Hirata menghasilkan tetralogi novel, yaitu :
Laskar Pelangi
Sang Pemimpi
Edensor
Maryamah Karpov

Selain Tetralogi laskar pelangi, Andrea juga menghasilkan karya lain, yaitu Padang Bulan & Cinta di Dalam Gelas yang terbit tahun 2010. Sebelas Patriot (2011), Laskar Pelangi Song Book (2012).
Meskipun studi mayor yang diambil Andrea adalah ekonomi, ia amat menggemari sains--fisika, kimia, biologi, astronomi dan sastra. Andrea lebih mengidentikkan dirinya sebagai seorang akademisi dan backpacker. Sedang mengejar mimpinya yang lain untuk tinggal di Kye Gompa, desa di Himalaya.
Andrea mendapat beasiswa program master di Sheffield Hallam University, United Kingdom. Tesis Andrea di bidang ekonomi telekomunikasi mendapat penghargaan dari universitas tersebut dan ia lulus cum laude. Tesis itu telah diadaptasikan ke dalam Bahasa Indonesia dan merupakan buku teori ekonomi telekomunikasi pertama yang ditulis oleh orang Indonesia. Buku itu telah beredar sebagai referensi Ilmiah.


Andrea Hirata Merevolusi Sastra Indonesia
Novel Laskar Pelangi Menembus 21 Negara dan Penerbit Para Pemenang Nobel Sastra di Amerika Serikat


Novel Laskar Pelangi Menembus 21 Negara dan Penerbit Para Pemenang Nobel Sastra di Amerika Serikat (Rilis terbaru, 25 Juni 2012)
Pada Tanggal 12 Maret 2012 Andrea Hirata menandatangani perjanjian penerbitan The Rainbow Troops (edisi international novel Laskar Pelangi) dengan Kathleen Anderson Literary Management, New York dan Penerbit Farrar, Straus and Giroux (FSG), New York. FSG adalah penerbit terbaik di Amerika yang telah berdiri sejak tahun 1946 dan melahirkan karya-karya 23 pemenang nobel sastra antara lain adalah TS. Eliot, Pablo Neruda, Nadine Gordimer, Seamus Heaney, dan Mario Vargas Llosa yang mendapat nobel sastra tahun 2010. Pada tanggal 25 Mei 2012, FSG mengumumkan secara global cover novel The Rainbow Troops versi Amerika Serikat dan Canada. (Lihat:http://www.antaranews.com/berita/313500/sampul-novel-andrea-hirata-setara-peraih-nobel, www.andrea-hirata.com)

Sarah Crichton (editor novel internasional best seller A Long Way Gone, Ishmael Beah) yang juga akan menjadi editor The Rainbow Troops mengatakan: “I am absolutely thrilled that we will get to publish your uplifting, heartbreaking, captivating—in short, truly wonderful—novel. When I read it, it made me laugh out loud, and cheer, and weep… I loved all the children, and I loved their teachers…. You are a masterful storyteller, and I am very proud to be able to publish you”. The Rainbow Troops akan beredar di 580 toko buku di Amerika Serikat dan Kanada serta negara berbahasa Inggris lainnya pada Januari 2013. Peristiwa ini adalah pertama kali karya penulis Indonesia diterbitkan oleh penerbit kelas dunia seperti FSG. Andrea Hirata telah merevolusi sastra Indonesia, kenyataan bahwa sebagian besar penulis yang diterbitkan FSG telah memenangkan nobel sastra membuat Andrea Hirata diwacanakan sebagai nominator Nobel Sastra. (Lihat news: www.chloemeslincousteau.multiply.com, Byron Bay Writers’ Festival 2012: http://www.byronnews.com.au/story/2012/06/20/literary-giants-to-share-some-big-stories/)

Menyusul kontrak dengan FSG, The Rainbow Troops juga akan diterbitkan oleh penerbit kelas dunia lainnya yaitu Random House dan penerbit legendaris internasional Penguin. Random House akan menerbitkan The Rainbow Troops di Australia dan New Zealand. Penerbit terkemuka di Italia, Rizzoli, yang menerbitkan novel Eat, Pray and Love dan Three Cups of Tea, juga akan menerbitkan The Rainbow Troops. Majalah sastra Italia, IL CORRIERE DELLA SERA membuat publisitas besar-besaran tentang The Rainbow Troops : “Along the lines of "The X million copy bestseller which you haven't heard about...yet!" or "You think the Italian public school system has gone down the drain: wait until you read about THIS school.”

The Rainbow Troops juga diterbitkan oleh Penerbit terkemuka Hanser-Berlin (Jerman), Atlas-Contact (Belanda), yang menerbitkan buku Haruki Murakami, Temas de Hoy (Spanyol), Sunmark (Jepang), Yi Lin Press (China), Butik Yayinlari (Turki), dan Editora Sextante (Brazil). Edisi Brazil dalam bahasa Portugis telah terbit dengan judul Guerreiros da Esperanca dan mendapat review yang sangat positif dari Koran terbesar Brazil O GLOBO sebagai karya sastra Indonesia yang sangat mengejutkan (Lihat: http://www.editoraarqueiro.com.br/livros/ver/162 ) The Rainbow Troops ini diterbitkan bersama karya Nicholas Sparks (Penulis novel The Notebook dan A Walk To Remember) dan Harlan Coben (Pemenang Edgar Allan Poe Award tahun 1995). Sampai sejauh ini (Juni 2012) Laskar Pelangi diterbitkan di 22 negara dalam 19 bahasa. Adapun penerjemahan novel Laskar Pelangi sedang berlangsung ke dalam lebih dari 30 bahasa asing.

Andrea Hirata telah menerbitkan delapan karya yaitu Laskar Pelangi (2005), Sang Pemimpi (2006), Edensor (2007), Maryamah Karpov (2008), Padang Bulan (2009), Cinta di Dalam Gelas (2009), Sebelas Patriot (2010), dan Laskar Pelangi Song Book (2012). Laskar Pelangi Song Book berisi kisah-kisah dari Negeri Laskar Pelangi (Belitong) dan lagu-lagu karya Andrea Hirata yang dibawakan oleh Meda dan Cut Niken.



Sumber: wikipedia (unduh 5 April 2013)
Belitungku.com
Belitung News and Entertainment Online,
Portal Berita Belitung dan Hiburan secara Online.

Post a Comment Blogger

 
Top