0
APAKAH Anda ingin memiliki usia yang panjang dan selalu tampil awet muda? Resepnya sangat mudah. Sering-seringlah berpikir positif.

Tak ada kata rugi bagi Anda yang selalu berpikir positif. Selain memberikan kesehatan jiwa dan raga, berpikir positif akan memberikan sejuta manfaat untuk Anda.

Rani Noesman MPsi dari Yayasan Kita dan Buah Hati mengatakan, dengan kita berpikir positif maka dapat meningkatkan kesehatan fisik dan jiwa. Hal tersebut seperti dikatakan Dr J Davidson, Prof dept psycology dari Univ of Winconsin menemukan, bahwa berpikiran positif bisa membuat umur panjang, mengurangi risiko penyakit jantung, menekan angka depresi, menahan flu, coping skill lebih baik (ketika mendapat cobaan akan lebih cepat mengatasi), sehat secara psikologi dan meningkatkan produktivitas.

Dilanjutkan Rani, perasaan positif akan meningkatkan kemungkinan untuk sukses. "Penelitian dari Dr Suzanne Segerstorm dari Univ of Kentucky menyatakan, bahwa orang yang berpikiran positif dapat melihat kegagalan sebagai umpan balik untuk kesuksesan. Kegagalan pun tidak membuat orang yang berpikiran positif dapat meningkatkan usaha secara berlipat agar mencapai kesuksesan. Orang yang positif juga akan fokus pada tujuannya sehingga dapat meningkatkan produktivitas," sambung Rani dalam acara talkshow “Fashionable and Healthy during Ramadhan” di butik Danar Hadi, Melawai, Jakarta, Selasa (16/8/2011).

Manfaat ketiga dari berpikiran positif adalah meningkatkan tingkat kepuasan jiwa dan perasaan bahagia.

"Orang yang berpikiran positif selalu melihat segala sesuatu dari sisi positif, sehingga bisa menikmati hidup lebih baik. Dia pun akan selalu bersyukur atas apa yang sampai padanya atau pengalamannya sehari-hari. Misalnya, ketika macet di tol, seseorang yang berpikiran positif akan memanfaatkan waktu dengan aktivitas lain seperti dandan, membaca, dan sebagainya," tambah psikolog ramah ini.

Hal lain yang tak kalah penting adalah berpikiran positif akan meningkatkan kualitas interaksi dengan orang lain.

"Mempraktikkan positif self talk akan mengarahkan seseorang untuk lebih fokus pada masa depan dan tidak terperangkap pada masa lalu. Mereka pun akan berani mengambil risiko dan tidak kecewa ketika gagal, sehingga orang lain pun akan merasa lebih nyaman dengannya," tandasnya.

Nah, sudahkah Anda berpikir positif hari ini?

Reff: Okezone

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Post a Comment Blogger

 
Top